Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

5 Makanan Untuk Ibu Menyusui

Artikel terkait : 5 Makanan Untuk Ibu Menyusui

5 Makanan Untuk Ibu Menyusui - Artikel Kesehatan - Makan Makanan Ini Lebih Banyak Bila Anda Sedang Menyusui, Bagi Anda ibu yang sudah atau baru saja melahirkan tentu tahu ini merupakaan awal dari perkembangan sebuah nyawa baru di keluarga Anda, apalagi kalau bukan sang anak. Ibu yang baik tentu saja memikirkan bagaimana agar anaknya yang masih bayi tersebut dapat tumbuh sehat dan kuat. Tentu untuk mencapai hal ini sang bayi harus mendapat gizi dan nutrisi yang cukup.

Menu Makanan sehat untuk ibu menyusui
Nah fase setelah melahirkan tentu kita tahu bersama adalah fase menyusui. Nah fase ini juga sangat penting bagi pertumbuhan bayi baik secara fisik maupun emosional. Fase menyusui yang baik diperkirakan sekitar 4 bulan atau lebih.

Nah dalam fase menyusui ini sang Ibu tetap harus makan makanan yang bergizi walau sebenarnya banyak dari ibu ibu ingin segera menurunkan berat badan mereka yang 'over' ketika menjalani kehamilan selama 9 bulan. Namun bukan berarti harus mengurangi makan tentunya karena nutrisi tadi disalurkan melalui susu ASI kepada sang bayi.

Bingung makanan apa saja yang baik dikonsumsi ketika sedang menyusui? Tidak perlu bingung lagi karena dibawah ini ada beberapa makanan yang baiknya ibu ibu menyusui konsumsi lebih banyak lagi. Baca juga Makanan yang tidak boleh dikonsumsi Ibu Hamil

Menu Makanan Untuk Ibu Menyusui

  • Semangka

Ibu menyusui membutuhkan banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh terutama untuk produksi ASI sendiri. Tentu minum air lebih banyak menjadi solusi sederhana untuk hal ini namun ada satu buah yang dapat juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh si ibu. Buah semangka selain memiliki kandungan air yang banyak juga memiliki vitamin dan antioksidan yang baik bagi sang ibu dan bayi. Dengan memakan semangka lebih banyak bagaikan sekali mendayung dua pulau terlewati, Anda akan mendapat 2 manfaat sekaligus.
  • Makanan kaya akan Kalsium seperti Susu

Melalui ASI sang Ibu akan menyalurkan kalsium pada sang bayi yang membutuhkan. Nah untuk menggantikan kalsium sang ibu yang hilang disalurkan ke bayi tentunya makanan mengandung kalsium harus diperbanyak contohnya apalagi kalau bukan susu dan produk olahannya seperti keju, yogurt, krim susu, dan lain sebagainya. Namun bila si ibu diketahui alergi terhadap laktosa didalam susu bisa dicari alternatif lain seperti buah pisang.
  • Ikan Salmon

Salmon makanan untuk ibu menyusui
Agar sang bayi berkembang otaknya dengan sehat akan membutuhkan asam lemak omega 3. Nah omega 3 ini ditemukan di ikan ikan seperti ikan salmon. Konsumsi ikan seperti ini bila diperbanyak akan menjamin tumbuh kembang otak bayi Anda. Selain itu didalam ikan mengandung protein yang juga disalurkan melalui susu ASI dari sang ibu.
  • Sayuran Berdaun

Dalam sayuran berdaun kandungan nutrisi yang diperlukan bayi dipenuhi dengan baik. Vitamin dan mineral terutama. Sayur sayuran seperti bayam dan brokoli akan sangat baik dikonsumsi lebih banyak lagi demi perkembangan si bayi yang baik nantinya.
  • Ubi Manis

Ibu yang menyusui membutuhkan kalori yang cukup banyak. Nah salah satu sumber kalori yang baik adalah ubi manis. Bahan makanan ini selain mengandung kalori juga mengandung mineral seperti potasium yang dibutuhkan tubuh si bayi untuk mencapai pertumbuhan yang optimal.

Dengan informasi di atas diharapkan Anda para ibu menyusui kini tidak lagi bingung akan makanan apa saja yang harus Anda konsumsi agar tumbuh kembang buah hati Anda maksimal dan optimal. Selain itu tetap jaga gaya hidup Anda tetap sehat dan mulai berolahraga agar tetap fit dan bentuk badan Anda kembali normal. Terima kasih anda telah membaca  5 Makanan Untuk Ibu Menyusui

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz