Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu Hamil

Artikel terkait : Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu Hamil

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu Hamil - Artikel Kesehatan - Hamil merupakan dambaan semua wanita di dunia ketika mereka sudah menikah. Memiliki momongan dan penerus keturunan merupakan hal mutlak ketika wanita sudah menikah. Dalam masa kehamilan pastinya sang ibu ingin bayi dalam kandungannya tetap sehat dan tercukupi gizi dan nutrisinya, sehingga ketika lahir nanti dalam keadaan normal dan sehat tentunya. Hal ini menjadi impian setiap calon ibu.

Ketika Anda hamil, Anda tidak 'hidup sendiri' lagi, Anda juga harus memikirkan jabang bayi di kandungan Anda. Bagaimana asupan makanan Anda apakah sudah memenuhi juga kebutuhan si bayi. Makanya ada istilah 'ngidam' dimana sebenarnya yang terjadi adalah Anda makan dengan jumlah lebih dari biasanya dengan nafsu makan bertambah secara alamiah demi memenuhi kebutuhan si bayi.

makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil


Nah dalam memenuhi kebutuhan si jabang bayi tentu kita harus makan makanan sehat. Namun kali ini akan dibahas mengenai makanan makanan atau hal hal yang harus Anda hindari ketika Anda sedang dalam masa kehamilan. Berikut beberapa diantaranya.

Hindari Mengkonsumsi Alkohol 

Banyak perempuan atau wanita yang ternyata juga gemar meminum minuman beralkohol, tidak hanya lelaki saja. Bahkan kebiasaan buruk ini dibawa sampai ke masa kehamilan juga. Kebanyakan wanita hamil meminum alkohol ketika stres tinggi sedang datang atau mengalami kesulitan dalam masa kehamilan.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi alkohol saat masa kehamilan bisa membawa dampak buruk bagi jabang bayi. Bahkan bisa sampai menyebabkan keguguran.

Jika selain keguguran dan bayi berhasil dilahirkan maka efek alkohol tersebut akan muncul pada bayi dengan tanda tanda seperti kelainan pada bentuk wajah atau dalam bentuk kemampuan otak yang kurang saat masa pertumbuhan nantinya. Tentu Anda tidak mau bukan hal buruk ini terjadi pada calon bayi Anda.

Ibu Hamil tidak boleh makan makanan laut

Makanan laut apalagi bila di laut yang tercemar biasanya mengandung merkuri. Semakin lama usia dari makanan laut tersebut maka semakin tinggi tingkat merkurinya. Nah merkuri ini zat berbahaya sekali bagi ibu hamil karena diketahui terdapat peran signifikan merkuri dengan perkembangan janin yang mengalami masalah. Namun beberapa makanan laut tetap boleh dikonsumsi seperti udang dan ikan salmon.

Telur setengah matah / Mentah tidak boleh dikonsumsi ibu hamil

Telur jelas merupakan makanan sehat karena mengandung nutrisi dan protein yang sangat dibutuhkan oleh janin bayi di kandungan ibu hamil. Namun waspadalah bila Anda mengkonsumsi telur hendaknya telur tersebut dimasak matang, jangan setengah matang atau bahkan mentah.
Kenapa? Karena bila dimasak setengah matang atau bahkan tidak dimasak sama sekali maka ibu hamil akan berisiko terkena keracunan makanan akibat bakteri salmonella yang hidup di telur yang belum dimasak. Nah kalau sudah keracunan salmonella bisa bahaya sekali bagi sang ibu dan juga janinnya.

 Pepaya Buah yang tidak boleh di makan oleh ibu hamil

Buah tentu sangat baik bagi tubuh namun buah satu ini sebaiknya Anda hindari saat dalam masa kehamilan. Kenapa? Karena buah satu ini, terutama yang masih mentah dan setengah matang memiliki suatu senyawa bernama pepsin yang bila masuk ke dalam tubuh bisa terjadi kontak dengan jabang bayi Anda dan menyebabkan keguguran. Sangat berbahaya bukan?

Kehamilan bukanlah suatu hal yang mudah. Dibutuhkan usaha ekstra untuk menjaga si ibu dan si jabang bayi tetap sehat agar nanti saat kelahiran bisa dilakukan dengan normal dan tanpa kendala berarti. Dengan mengetahui makanan di atas perlu dihindari, diharapkan Anda yang sedang masa kehamilan tahu dan bisa menghindarinya agar Anda dan jabang bayi Anda tetap sehat dan bisa lahir dengan normal tanpa disertai penyakit penyakit tentunya.

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz