Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

Fakta Menarik Tentang Sianida

Artikel terkait : Fakta Menarik Tentang Sianida

Fakta Menarik Tentang Sianida - Tips Kesehatan - Pernahkah Anda mendengar dan setidaknya mengetahui tentang zat satu ini? Akhir akhir ini jika Anda memperhatikan berita di televisi atau media lainnya, kini sedang hebohnya kasus pembunuhan seorang wanita dengan perantara racun Sianida. Kasus ini heboh karena korban langsung meninggal padahal hanya mencicip saja kopi yang sudah dibubuhi racun Sianida ini. Banyak orang belum mengenal zat satu ini dan apa saja efeknya bagi tubuh manusia.

Sianida sebenarnya diproduksi oleh tubuh kita dalam jumlah sangat sedikit dan bahkan dikeluarkan saat kita bernapas. Sianida juga dapat kita temukan dalam jumlah sedikit di lebih dari seribu spesies tanaman contohnya ubi ubian singkong, bambu, dan sebagainya.

Sianida dalam konsentrasi atau jumlah tertentu dapat menjadi racun yang mematikan baik bagi manusia ataupun hewan. Zat racun ini dapat masuk ke tubuh manusia dalam bentuk cair atau gas. Dan ketika sudah masuk akan mengakibatkan berbagai efek berbahaya bagi tubuh manusia.

Fakta Tentang Sianida

Gejala keracunan sianida

Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai zat satu ini agar kita lebih mengenalnya dan menambah wawasan kita tentunya.

Aroma Sianida Seperti Almond Pahit.

Sianida adalah racun efektif. Efektif karena dia bisa disalurkan dalam 3 bentuk. Berupa padatan seperti kristal atau bubuk, cair dan bahkan gas tidak berwarna. Nah berbicara mengenai bau atau aroma dari Sianida ini digambarkan seperti Almond Pahit, namun tidak semua orang mampu mendeteksi bau dari Sianida ini.

Sianida Dapat Kita temukan Sehari hari.

Sianida dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan tanaman seperti salah satunya yang sudah disebutkan di atas yaitu singkong. Sianida juga terdapat pada asap rokok dan asap pembakaran produk produk sintetis pabrik seperti plastik. Sianida juga merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kertas, plastik dan sebagainya. Garam Sianida digunakan untuk pembersihan logam dan gas sianida sering digunakan untuk pembersihan hama dan kutu.

Cara racun sianida masuk ke tubuh Anda

Sianida dapat masuk ke tubuh Anda dengan berbagai macam cara. Jika berbentuk gas maka sianida bisa terhirup oleh Anda. Jika dalam bentuk padatan dan cair maka sianida ini bisa tertelan atau masuk ke tubuh Anda melalui pori pori kulit Anda. Maka dari itu sianida ini sangat efektif dan berbahaya sekali.

Mekanisme keracunan.

Sianida sangat beracun. Dalam bentuk gas sianida ini akan sangat berbahaya sekali bila tersebar di ruangan tertutup. Apabila di ruangan terbuka sianida ini akan melebur bersama zat zat lain sehingga efeknya bisa berkurang drastis.

Sianida bila sampai masuk ke dalam tubuh akan mencegah penyebaran oksigen ke sel sel tubuh. Bila kekurangan oksigen bisa kita tebak maka sel sel tersebut akan mati. Nah bila sianida sampai ke organ organ tubuh yang penting maka akan sangat fatal akibatnya sampai menyebabkan kematian.

Gejala Keracunan Sianida

Jika seseorang mengalami keracunan Sianida maka akan menimbulkan tanda tanda seperti berikut.

  • Pernapasan menjadi cepat
  • Gelisah berlebihan 
  • Mual Pusing muntah
  • Sakit kepala dan jantung berdenyut cepat sekali
  • Kejang kejang
  • Kehilangan kesadaran
  • Sesak napas
  • Meninggal dunia


Sianida dalam jumlah tertentu dapat menjadi racun bagi makhluk hidup. Zat ini secara alami dapat ditemukan dimana saja bahkan di dalam tubuh kita namun hal ini dalam keadaan normal tentunya dengan jumlah atau konsentrasi dalam batas normal. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan Anda dan Anda lebih waspada terhadap zat satu ini. Baca juga Manfaat Puasa Untuk kesehatan

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz