Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

8 Manfaat Nasi Hitam Untuk Kesehatan

Artikel terkait : 8 Manfaat Nasi Hitam Untuk Kesehatan

8 Manfaat Nasi Hitam - Pola Hidup Sehat - Berbicara mengenai nasi tentu kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya lebih sering mengkonsumsi nasi putih dibanding nasi hitam. Selain itu cukup sulit juga mencari nasi dengan warna lain selain nasi putih di pasaran.

Beras atau nasi hitam yang memiliki nama latin Oryza sativa L. Indica ini, memiliki tekstur agak lengket dan rasanya ketika dimakan agak legit, mirip ketika kita mengunyah kacang. Rasanya juga sedikit pera tidak pulen seperti nasi putih. Perlu diketahui juga bahwa nasi hitam ini dulu disebut makanan para raja, rakyat biasa tidak boleh memakannya. Oleh karena itu kita di zaman sekarang ini sudah sedikit beruntung bisa bebas memakannya.

Nasi atau beras hitam memiliki keunggulan dibanding saudaranya beras putih. Diantaranya kaya akan nutrisi dan zat zat yang diperlukan tubuh kita. Dan tak lupa juga beras atau nasi hitam memiliki segudang manfaat diantaranya.

Manfaat Nasih Hitam

Nasi Hitam untuk diet

Kaya Akan Antioksidan

Nasi atau beras hitam kaya akan antioksidan, terutama zat anthocyanin. Zat ini berguna sekali dalam memerangi zat radikal bebas dan melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan peradangan. Beras atau nasi hitam memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak bila dibandingkan dengan nasi berwarna lain.

Baik Bagi Anda Penderita Diabetes.

Beras atau nasi hitam memiliki kandungan serat tinggi namun rendah dalam kadar gula sehingga membantu para penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula dalam darah mereka. Dengan memakan beras atau nasi hitam maka para penderita diabetes akan terhindar dari naiknya gula darah mereka dengan cepat, tidak seperti ketika memakan nasi putih. Dengan mengganti nasi Anda menjadi nasi hitam juga diketahui dapat mencegah diabetes tipe 2.

Mencegah Obesitas atau Kegemukan.

Nasi hitam memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membantu Anda mengatasi kegemukan, nafsu makan berlebihan. Sehingga Anda terhindar dari masalah kegemukan. Nasih hitam sudah terkenal sebagai salah satu menu untuk diet. Nasi Hitam bagus untuk diet

Membantu Kerja Liver Dalam proses detoks tubuh.

Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, maka beras hitam atau nasi hitam membantu mendetoks tubuh. Nasi hitam juga membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Nasi hitam membantu liver atau hati kita membuang zat asing dari dalam tubuh keluar.

Baik Untuk Otak Anda.

Manfaat lain dari kandungan tinggi antioksidan di beras hitam adalah merupakan kebaikan bagi otak Anda. Membantu memori Anda tetap tajam tentunya. Dan juga diketahui bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Mencegah Atherosklerosis.

Atherosklerosis adalah penebalan pada dinding pembuluh darah arteri yang bisa berujung pada penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Menebal bisa karena beberapa faktor semisal oleh karena kolesterol dalam darah terlalu tinggi.

Dengan nasi hitam maka atherosklerosis dapat dihindari. Hal ini karena beras hitam mampu membantu mengatur tekanan darah Anda dan juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Baik Bagi kesehatan Mata Anda.

Anthocyanin dalam beras hitam ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mata Anda. Zat ini membantu menolak dan mencegah proses degeneratif terutama pada mata Anda. Sehingga diketahui makan nasi hitam secara rutin dapat membantu mencegah penyakit semacam katarak dan sebagainya.

Baik bagi Pencernaan Anda.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi maka nasi hitam sangat baik untuk pencernaan Anda. Hal ini seperti mencegah konstipasi dan memperbaiki fungsi pencernaan Anda.

Seperti sudah dijabarkan di atas, ternyata beras atau nasi hitam ini memiliki banyak sekali keuntungan bagi tubuh kita bila kita rajin dan rutin memakannya. Namun kendala yang dihadapi adalah apalagi kalau bukan rasanya yang tidak sepulen nasi putih dan warnanya yang hitam sendiri nampak tidak menarik nafsu makan.

Namun apabila Anda ingin hidup lebih sehat lagi maka tidak ada salahnya apabila Anda mulai mengganti menu nasi putih Anda dengan nasi hitam. Baca Juga 8 Manfaat Pisang untuk kesehatan

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/ @fst.uma

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz