Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

6 Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak

Artikel terkait : 6 Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak

Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak - Pola Hidup Sehat - Semua orang pasti ingin di saat malam mereka tertidur, mereka dapat tidur pulas dan nyenyak. Dan bangun keesokan harinya dengan keadaan tubuh dan pikiran segar sehabis beristirahat.

Cara agar cepat tidur nyenyak
Namun tidak semua orang bisa dan mampu tidur nyenyak. Ya hal inilah yang kadang juga menjadi problem untuk sebagian besar kita. Sulit tidur nyenyak di malam hari menyebabkan ketika bangun keesokan harinya dengan mood yang jelek, kepala pusing dan sakit, bahkan bisa sampai terlambat bangun dan terlambat melakukan aktivitas sehari hari.

Berbagai cara kita lakukan tentunya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, pulas, dan nyaman di malam hari. Berikut ini beberapa tips yang sudah dirangkum agar dapat dicoba oleh kita.

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Waktu Tidur Anda Perlu Diatur

Tidur itu setiap hari disarankan minimal 8 jam normalnya. Jadi jika Anda kurang dari 8 jam kemungkinan akan berdampak nantinya pada aktivitas Anda. Atur juga waktu tidur Anda agar seragam setiap harinya. Semisal setiap malam Anda tidur jam 10, usahakan esoknya juga Anda tidur jam 10 juga agar tidur Anda berpola dan bisa nyenyak.

Dan kalau waktu tidur Anda masih kurang, bisa dicari alternatif waktu pengganti tidur. Siang bisa Anda beri waktu untuk tidur siang namun jangan terlalu lama cukup setengah sampai satu jam saja karena kalau biasanya lebih dari itu menyebabkan kepala Anda malah pusing nanti saat bangun.

Jangan Makan Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Jangan banyak makan sebelum waktu tidur Anda, apalagi yang seperti ilustrasi di atas. Jika Anda makan banyak sebelum tidur maka tubuh akan dipaksa melakukan proses metabolisme lebih panjang lagi dalam memproses makanan tersebut. Alhasil Anda malah jadi sulit tidur. Hendaknya makan malam Anda sudah Anda selesaikan 4 jam sebelum waktu tidur Anda. Baca juga manfaat pare untuk kesehatan anda

Hindari Mengkonsumsi Kafein sebelum Tidur.

Jelas ya kalau Anda ingin tidur nyenyak jangan mengkonsumsi kafein dalam bentuk apapun. Kafein memberi Anda energi dan malah membantu Anda terjaga dan sulit tidur. Hindari makanan minuman tinggi kafein seperti Kopi. Teh juga sebaiknya tidak Anda konsumsi sebelum tidur, kecuali beberapa jenis teh tertentu seperti Chamomile yang membantu Anda tertidur lelap/

Atur Suasana Kamar Tidur Anda.

Suasana kamar tidur Anda sangat penting bagi tidur Anda, jadi aturlah senyaman mungkin. Semisal Anda lebih mudah tertidur dengan ruangan yang pencahayaannya cerah atau cukup silahkan nyalakan lampu. Atau malah sebaliknya ya tinggal matikan saja lampu kamar tidur Anda. Dan usahakan ketika tertidur kurangi kebisingan di sekitar Anda, kecuali Anda adalah tipe orang yang malah sulit tidur jika tidak ada suara di sekitar Anda.

Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga setiap harinya membantu Anda tertidur lelap di malam hari. Waktu olahraganya tidak sebelum Anda tertidur karena jika Anda berolahraga tepat sebelum Anda tertidur bisa jadi bukan mudah tidur yang Anda dapat melainkan kesulitan tertidur. Yang terpenting Anda rutin melakukannya agar terbentuk pola tidur yang baik.

Singkirkan Gadget Anda Sebelum Anda tidur

Nah kebiasaan satu ini sangat merusak kualitas tidur Anda. Ketika Anda sudah beranjak ke kasur dan dalam posisi tidur, Anda kenudian malah memainkan gadget Anda dan jadi tidak tertidur. Ketika Anda memainkan gadget Anda tingkat konsentrasi Anda akan naik kembali dan tidak bisa rileks. Akibatnya ya jelas Anda malah terjaga dan tidak bisa tidur. Matikan gadget Anda dan lalu pergilah segera tidur agar kualitas tidur Anda tetap baik.

Tidur lelap menjadi dambaan semua orang. Kurang tidur banyak dampak kurang baik bagi kesehatan dan bisa menyebabkan penurunan produktivitas kita. Jadi usahakan tidur Anda setiap malam nyenyak dan bangun keesokannya dalam keadaan segar dan bersemangat.

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/ @fst.uma

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz