Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

Waspada Terhadap Gigitan Nyamuk

Artikel terkait : Waspada Terhadap Gigitan Nyamuk

Waspada Terhadap Gigitan NyamukPola Hidup Sehat - Binatang yang satu ini sejatinya tidak berbahaya. Namun gigitan dari makhluk inilah yang berbahaya karena menjadi perantara berbagai macam penyakit. Kalau saja penyakit penyakit yang ditimbulkan kelasnya ringan mungkin tak menjadi soal namun fakta di lapangan adalah penyakit yang ditimbulkan biasanya cukup berbahaya dan bisa menyebabkan hilang nyawa bila tak segera ditangani.

Baca Juga : Jangan stress Bila Anda tidak mau jerawatan

Nyamuk sendiri merupakan makhluk hidup dikategorikan serangga dan ternyata speciesnya sendiri cukup banyak hampir sekitar 2.700 jenis di seluruh dunia. Berbicara mengenai bahaya gigitan nyamuk, dan obat gigitan nyamuk berikut ini ada beberapa bahaya gigitan nyamuk bila kita sampai terkena. Kebanyakan adalah berbagai macam penyakit sebagai berikut : 

Sensasi Gatal

Ketika nyamuk menggigit kita akan terjadi semacam proses 'pembedahan' pada kulit kita. Proses ajaib ini memungkinkan nyamuk menghisap darah tubuh kita. Nah setelah selesai menghisap darah kita nyamuk meninggalkan 'air liur' di tempat bekas gigitannya. Nah air liur ini dideteksi tubuh sebagai benda asing dan menyebabkan sensasi gatal sebagai reaksi tubuh kita. Gatal ini kebanyakan hal biasa bagi banyak orang namun beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi yang lebih parah dari gatal, dan sampai beberapa orang harus mengkonsumsi obat untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Demam Chikungunya

Chikungunya berasal dari bahasa Swahili, salah satu bahasa di benua Afrika. Gejala terkena penyakit ini ditandai demam badan dan sakit sendi atau arthritis di beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Adapun penyakit ini sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu bisa sampai berbulan bulan paling lama.

Demam Penyakit Kuning

Kalau Anda tiba tiba mengalami demam disertai nyeri otot biasa pada punggung, lalu nafsu makan hilang dan mual muntah, bisa jadi Anda terkena demam kuning akibat gigitan nyamuk. Nyamuk penyebar penyakit ini bisa diliat memiliki bintik putih di punggung dan kakinya.

Demam Berdarah

Penyakit satu ini cukup berbahaya apabila tak segera ditangani karena akan menyebabkan haemoglobin penderita terus turun dan bisa menyebabkan kematian. Demam berdarah ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti . Nyamuk ini biasanya mulai banyak saat musim penghujan karena habitatnya di genangan air.

Jika Anda terkena Demam berdarah adalah penting untuk tetap menjaga kadar sel darah merah Anda bisa dengan berbagai cara misal minum jus jambu, angkak, atau minum obat penambah darah.

Kaki Gajah

Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang menjadi media penyebaran cacing Wuchereria bancrofti. Penyakit ini bersifat kronis dan bila tak segera ditangani akan menimbulkan cacat permanen karena penderita akan mengalami pembengkakan biasanya di kaki, tangan , kemudian alat kelamin. Pembengkakan ini akan menyebabkan penderita susah bergerak dan harus meminta tolong orang lain.

Malaria

Bakteri plasmodium yang menular lewat gigitan nyamuk adalah sumber utama penyakit ini. Bila terkena malaria biasanya gejala yang ditimbulkan demam tinggi dan kedinginan bisa sampai menggigil. Penyakit ini cukup berbahaya karena dapat menimbulkan kematian. Untuk mengetahui seseorang terkena malaria atau tidak biasa dilakukan tes darah untuk menemukan infeksi akibat bakteri.

Nah kini kita tahu bahwa gigitan nyamuk bisa sangat berbahaya sekali karena menjadi media penyebaran penyakit penyakit di atas. Kebersihan lingkungan menjadi peran penting dalam mencegah nyamuk di sekitar kita. Daun dan bunga seperti Marigold, Ageratum, atau Geranium sangat dibenci nyamuk oleh karena baunya. Ini bisa kita jadikan siasat untuk menangkal nyamuk agar tidak menggigit kita. Dan juga menghilangkan genangan air di sekitar kita cukup ampuh dalam mengatasi masalah nyamuk karena habitat alami mereka berada di genangan air. Niscaya ketika berhasil mengatasinya kita tidak akan terkena bahaya gigitan nyamuk lagi.

Demikian informasi mengenai Waspada Terhadap Gigitan Nyamuk , yang telah kami bahas di artikel ini, diartikel lain akan coba kami bahas tentang obat untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk untuk anda semua. Terima kasih

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz